RENCANA TUHAN YANG INDAH

Sering sekali kita mendengar kalimat-kalimat yang mungkin terkesan klise. “Tuhan punya rencana yang indah atas hidup manusia”. Kita kemudian dengan mudah terjebak dalam sebuah keyakinan bahwa jika kita hidup di dalam Tuhan, pasti segala sesuatu disertai oleh Tuhan. Sakit penyakit pasti sembuh, usaha kita pasti berhasil, dan berbagai macam pemikiran egois kita.

Tapi dari Mazmur 105, yang merupakan sebuah mazmur ungkapan syukur pemazmur setelah melihat karya Allah yang besar dalam sejarah, dengan mudah kita temukan bahwa rencana indah Allah sebenarnya bertujuan yang lebih besar. Ada grand design yang luar biasa dibalik semua proses yang dihaadapi oleh tokoh-tokoh Alkitab. Mereka ternyata tidak memiliki hidup yang selalu aman, nyaman, dan “diberkati”
Apa rencana indah Allah?
Rencana indah Allah bisa berarti meninggalkaan negeri yang nyaman seperti Abraham
Rencana indah Allah bisa berarti tidak punya anak sampai usia 100 tahun seperti Abraham
Rencana indah Allah bisa berarti arus hidup dalam pengembaraan tanpa rumah dan tanah seperti Abraham. Bahkan pada matinya, Abraham hanya memiliki tanah kuburan di tanah perjanjian itu.
Rencana indah Allah bisa berarti dijual oleh saudara-saudara sendiri seperti Yusuf
Rencana indah Allah bisa berarti menjadi hamba seperti Yusuf.
Rencana indah Allah bisa berarti di fitnah dan dipenjara seperti Yusuf
Rencana indah Allah bisa berarti kelaparan seperti yang dialami Yakub dan saudara-saudara Yusuf
Rencana indah Allah bisa berarti harus melewati padang gurun berpuluh-puluh tahun
Rencana indah Allah bisa berarti penjajahan seperti nasib bangsa Israel
Rencana indah Allah bisa benasib seperti nabi-nabi yang bernubuat tanpa menghasilakn pertobatan
Rencana indah Allah bisa berarti hukuman mati seperti Yohanes Pembaptis
Rencana indah Allah bisa berarti Salib.
Kalau dilihat dalam 1 kejadian saja, apa indahnya? Tapi ketika melihat seluruh prose situ, akan terlihat bahwa ada sebuah Grand Design yang luar biasa. Dari sedikit demi sedikit puzzle, akhirnya menghasilkan sebuah gambaran besar yang indah, yaitu memimpin pada salib, dimana akhirnya manusia diperdamaikan dengan Allah.
Apa yang dapat disimpulkan? Kita manusia sering melihat rencana indah Allah terfokus pada diri kita sendiri. Apakah hidup saya aman? Yang penting saya diselamatkan dan masuk ke surga. Padahal tujuan Allah jauh lebih besar dari itu semua. Kita manusia melihat dari puzzle kita sendiri. Sedangkan Allah melihat gambaran besar dibalik setiap sejarah.  Puzzle itu masih terus tersusun. Kita hanyalah bagian kecil dari gambar itu. Sampai kapan puzzle itu lengkap tersusun?
Wahyu 7:9-10 : Kemudian daripada itu, aku melihat: sesungguhnya, suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa, berdiri di hadapan takhta dan di hadapan Anak Domba, memakai jubah putih dan memegang dan palem di tangan mereka. Dan dengan suara nyaring mereka berseru: keselamatan bagi Allah kami yang duduk di takhta dan bagi anak Domba
Wahyu 21:3 : Lalu aku mendengar suara yang nyaring dari takhta itu berkata : Lihatlah, kemah Allah ada di tengah-tengah manusia ia akan diam bersama-sama mereka. Mereka akan menjadi umatNya dan Ia akan menjadi Allah mereka
Puzzle itu baru akan lengkap tersusun ketika segala bangsa, dan suku dan kaum, dan bahasa menyembah Kristus, dan ketika manusia hidup bersama-sama dengan Allah. Itulah rencana indah Allah. Sebuah mahakarya agung yang telah dipersiapkan sejak dahulu kala.
About these ads

Tentang akhung

I have decided to follow Jesus; No turning back. Leave everything to do Lord's will is not a sacrifice. But a mercy Lihat semua tulisan milik akhung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: